Rapat Sosialisasi DIPA dan Pembahasan Kerja Tahun 2015 Pengadilan Agama Limboto

Sumber : pa-limboto.go.id

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Limboto hari Kamis tanggal  08 Januari 2015, Ketua PA. Limboto Drs. Muh. Hamka Musa menggelar rapat sosialisasi penggunaan DIPA tahun 2015 dan Pembahasan Kerja Tahun 2015. Rapat yang bertempat di ruang sidang utama PA Limboto ini di hadiri oleh Pegawai PA Limboto, baik Hakim, Pejabat struktural dan Fungsional serta pegawai lainnya. Dalam rapat ini Ketua didampingi Wakil Ketua PA. Limboto Dra. St. Mahdiana Nas dan Panitera/Sekretaris  Djafar Madjabi, S.Ag.

Rapat dimulai sekitar pukul 09.00 WITA dan dibuka oleh Panitera/Sekretaris PA. Limboto dengan terlebih dahulu agenda pembahasan rencana penggunaan DIPA tahun 2015. Dalam paparannya Drs. Djafar Madjabi, S.Ag (Pansek PA. Limboto) menyampaikan bahwa tahun 2015 ini PA. Limboto mendapat anggaran melalui  2 (dua ) buah DIPA sebagaimana pula tahun sebelumnya yakni :

 

  1. DIPA  dari BUA MA-RI No. SP DIPA-005.01.2.402690/2015 sebesar : Rp. 5.434.727.000.-
  2. DIPA dari DIRJEN BADILAG MA-RI No. SP DIPA-005.04.2.402691/2015 sebesar : Rp.     77.785.000.-

Secara keseluruhan anggaran kedua DIPA ini diperutukkan untuk membiayai 3 macam belanja yakni:

1.       Belanja Pegawai, jumlah anggaran Rp. 3.917.343.000.-

2.       Belanja Barang, jumlah anggaran Rp.   434.669.000.-

3.       Belanja Modal, jumlah anggaran Rp. 1.260.500.000.-

Pada kesempatan ini Ketua PA. Limboto mengharapkan agar anggaran tahun 2015 ini dapat mencapai target yang tercantum dalam RENSTRA  dan program kerja. Selain itu " Anggaran DIPA 2015 agar benar-benar digunakan secara maksimal dan sesuai peruntukannya, dan yang terpenting terserap secara keseluruhan sehingga tidak ada anggaran yang kembali mubazirat, tidak terbelanjakan." tambah Beliau. Dari anggaran Belanja Barang di atas sudah termasuk anggaran untuk Peningkatan Manajemen Peradilan Agama berupa Pelayanan POSBAKUM, Sidang Keliling, dan Pembebasan Biaya Perkara (PRODEO). " Biaya ini dimaksudkan untuk memberikan akses kepada masyarakat kurang mampu dan terpinggirkan agar mereka bisa memperoleh pembebasan biaya perkara, lebih dekatnya tempat sidang dengan adanya sidang keliling dan tersedianya informasi hukum dan pos bantuan hukum. Oleh karena itu pastikan anggaran ini benar-benar terserap secara maksimal agar semakin banyak masyarakat pencari keadilan yang terlayani" tegas beliau.

Dari hasil sosialisasi dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya anggaran DIPA belum memenuhi semua kebutuhan kantor terutama fasilitas perangkat pengolah data berupa komputer dan printer. Masih banyak pegawai yang belum memiliki perangkat ini sehingga dalam satu perangkat pegawai menggunakannya secara bergiliran. Hal ini tentunya membuat setiap pekerjaan menjadi terhambat. Sekalipun alat ini sangat penting karena merupakan fasilitas dasar dan urgen yang menunjang pekerjaan setiap pegawai, namun karena belum terpenuhi maka Ketua PA. Limboto mengharapkan hal ini tidak menyurutkan semangat pegawai dalam bekerja, tetap sabar dan mudah-mudahan dapat diadakan di tahun-tahun berikutnya.

Rapat dilanjutkan dengan pembahasan kerja tahun 2015. Pada kesempatan  ini Ketua PA. Limboto menyampaikan agar rencana dan program kerja yang sudah dibuat oleh Tim agar benar-benar  dilaksanakan dan dikerjakan oleh semua unit kerja dan pegawai. Selain itu pembinaan oleh Hawasbid lebih ditingkatkan untuk dapat mengontrol dan mengetahui lebih awal segala kendala dan permasalahan yang ada, sehingga dapat segera diatasi dan dicarikan jalan keluar terbaiknya.

Rapat ini diakhiri dengan beberapa penyampaian dari Wakil Sekretaris Hartati Samsudin, S. Ag, kemudian tanya jawab serta usulan/masukan dari pegawai hingga selesai pada pukul 13.00 WITA.

  • /index.php/artikel/19-pa-limboto-berkumpul-bersama-di-bulan-suci-ramadhan
  • /index.php/artikel/17-ta-aruf-dan-rapat-perdana-ketua-pa-limboto