Seputar Peradilan

Panitera PA. Limboto Mengikuti Dialog Interaktif RRI Pro 1

 rri

Limboto|Senin, 20 Juli 2020

Panitera Pengadilan Agama Limboto, Drs. Siswanto Supandi, S.H., M.H. beserta Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo mengikuti Dialog Interaktif yang diselenggarakan oleh RRI Pro 1 - Gorontalo, pada hari Sabtu, 18 Juli 2020.

Siswanto menyampaikan bahwa terkait dengan Istbat Nikah Terpadu yang dilangsungkan di 2 kecamatan, yaitu di Kecamatan Batudaa dan Kecamatan Telaga Biru. Pengadilan telah melakukan verifikasi masing-masing untuk Kecamatan Batudaa pada tanggal 6 Juli 2020 bertempat di Aula Kantor Desa Ilohungayo dan Kecamatan Telaga Biru pada tanggal 16 Juli 2020 bertempat di Aula Kantor Camat Telaga Biru. Siswanto lebih lanjut menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja sama antara Pengadilan Agama Limboto, Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo, Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo, dan Dinas Kependudukan dan Catatat Sipil.

Disinggung mengenai peserta Itsbat Nikah Terpadu, Siswanto menjelaskan bahwa verifikasi yang dilangsungkan pada tanggal 6 Juli di Kecamatan Batudaa menjaring 17 pasangan suami istri dan di Kecamatan Telaga Biru tercatat 41 pasangan suami istri yang akan mengikuti program Itsbat Nikah Terpadu.

Ditanyakan mengenai output dari Itsbat Nikah Terpadu, kembali Panitera PA. Limboto menjelaskan bahwa karena kegiatan ini merupakan MoU (memorandum of understanding)/Nota Kesepahaman antara lembaga terkait, maka nantinya apabila Pengadilan telah mengabulkan permohonan para pihak, maka pada saat itu juga Kementerian Agama melalui KUA Terkait mencatatkan perkawinan dan selanjutnya menerbitkan Kutipan Akta Nikah dan lebih lanjut dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan menerbitkan pula Surat-Surat Kependudukan lainnya.

Terkait dengan kegiatan ini dilangsungkan pada masa pandemi, Siswanto menerangkan bahwa Pengadilan akan tetap menerapkan protokol covid-19 olehnya nanti aparat pengadilan akan mengenakan masker dan kepada para pihak akan diterapkan antrian dengan menjaga jarak dan diimbau untuk tidak membawa pengantar.

 

CHANEL PA-LIMBOTO