Seputar Peradilan

Ketua PA. Limboto Mengadakan Sosialisasi Produk Layanan Pengadilan

Di Kecamatan Telaga Biru

 Peroduk2

Limboto|Selasa 21 Juli 2020

Ketua Pengadilan Agama Limboto, Drs. Nasrudin, S.H., M.H. menggelar acara Sosialisasi Produk Pelayan Pengadilan bertempat di Aula Kantor Camat Telaga Biru pada hari Kamis, 16 Juli 2020. Acara berlangsung pada pukul 09.00 wita diikuti oleh warga Kecamatan Telaga Biru.

Dalam penyampaiannya, Nasrudin menjelaskan bahwa salah satu layanan dari Pengadilan adalah Itsbat Nikah, kegunaannya adalah untuk mengesahkan pernikahan pasangan suami istri yang menikah di bawah tangan atau secara sirri. Lebih lanjut, Nasrudin menambahkan bahwa banyak pasangan suami istri yang menikah namun tidak tercatat, ini dapat dilihat dari masih tingginya perkara Itsbat Nikah yang mendaftar di Pengadilan dan ini dapat menimbulkan masalah di kemudian hari bagi kedua pasangan dan anak-anaknya kelak. Untuk itu, Pengadilan Agama Limboto hadir di tengah masyarakat untuk mengurangi problema pernikahan yang tidak tercatat.  

Produk2

Lebih jauh, Nasrudin menyampaikan bahwa tidak semua pernikahan yang tidak tercatat dapat dikabulkan. Pernikahan yang dapat dicatatkan adalah yang telah memenuhi syarat dan ketentuan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Sebagai penutup, dengan melihat kondisi kekinian terkait dengan tingginya angka kemiskinan, maka Pengadilan Agama menyediakan layanan prodeo atau pembebasan biaya perkara dengan cukup melampirkan surat keterangan tidak mampu.    

    

CHANEL PA-LIMBOTO