Seputar Peradilan

Jurus Jitu Hakim Mediator Pengadilan Agama Limboto Berhasil 

Afni Mediasi1

Secara umum mediasi adalah salah satu alternatif penyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan dengan dibantu oleh mediator (Non Litigasi). Mediasi merupakan amanat Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor I tahun 2016. Sebagaimana aturan tentang mediasi, hakim mediator selalu menjelaskan tata cara mediasi dan keuntungan-keuntungan proses mediasi untuk para pihak yang mau berdamai.

Afni Mediasi 2
    Stigma bahwa perkara yang masuk di Pengadilan Agama Limboto (dalam hal ini perkara perceraian) sudah pasti akan diputus, sepertinya tidak selalu benar. Hal ini terbukti dengan berhasilnya mediasi perkara perceraian pada hari ini. Bertempat langsung di ruang mediasi Pengadilan Agama Limboto, telah dilaksanakan proses mediasi oleh hakim mediator. Hanya saja ungkapan tersebut dapat terpatahkan dengan adanya perkara Cerai Talak yang berhasil didamaikan dalam proses mediasi pada Senin, 28 September 2020 di Pengadilan Agama Limboto Kelas I B. Dimana hakim Mediator yang menangani Perkara dengan nomor register 448/Pdt.G./2020/PA.Lbt. adapun hakim mediator yang menangani perkara perceraian tersebut adalah Nur Afni Katili, S.H.I. beliau telah mengupayakan perdamaian semaksimal mungkin dengan cara memberikan nasehat dan pandangan terkait bagaimana pentingnya menjaga keutuhan dan mempertahankan rumah tangga serta akibat yang muncul jika terjadi perceraian apalagi kedua pihak yang berperkara tersebut mempunyai anak.
    Menurut Nur Afni yang ditemui seusai mediasi mengungkapkan Pemohon telah mengurungkan niatnya untuk bercerai dengan Termohon dan akan kembali rukun mempertahankan rumah tangganya. Semoga keberhasilan mediasi ini akan terus memberikan semangat dan motivasi bagi hakim mediator di lingkungan Pengadilan Agama Limboto untuk membantu para pihak sehingga perkara yang diajukan akan segera berakhir di ruang mediasi dengan damai dan tenang.

CHANEL PA-LIMBOTO