Seputar Peradilan

Aksi Nyata Pengadilan Agama Limboto Menyambut Hari Antikorupsi Sedunia

(Hakordia) 9 Desember 2020

 foto bersama bwa menara

Tanggal 9 Desember 2020 peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia). Korupsi suatu tindakan kejahatan luar biasa sehingga perlu dilakukan pencegahan dan penanganan serius. Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi diatur dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2001 sebagai Perubahan atas Undang-undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Perbuatan korupsi tindakan kejahatan luar biasa. Hal tersebut korupsi terjadi secara masif yang tidak hanya merugikan keuangan negara tetapi juga karena melanggar hak-hak sosial dan ekonomi masyarakat secara luas.

ketua bgi masker2

Pengadilan Agama Limboto sebagai salah satu aparat, telah berkomitmen untuk melakukan pencegahan tindakan korupsi di lingkungan kerjanya, dengan slogan "Pengadilan Agama Limboto Bebas Dari Korupsi Mulai Dari Saya". Slogan tersebut bertujuan untuk membangun kesadaran anti korupsi dari setiap pegawai di Lingkungan Pengadilan Agama Limboto. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran anti korupsi, seperti upaya menanamkan 8 (delapan) nilai utama Mahkamah Agung yang terdiri dari: Kemandirian, Integritas, Kejujuran, Akuntabilitas, Responsibilitas, Keterbukaan, Ketidakberpihakan, dan Perlakuan yang sama di hadapan hukum serta 9 (sembilan Nilai-Nilai Anti Korupsi yakni: Kejujuran, Kedisiplinan, Kepedulian, Tanggung jawab, Kerja keras, Kesederhanaan, Kemandirian dan Keberanian.

ketua bagi masker

Dalam rangka memaksimalkan komitmen anti korupsi, Pengadilan Agama Limboto melakukan Public Campaing (kampanye publik). Dalam himbauan Ketua Pengadilan Agama Limboto mengajak seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo, terutama wilayah Kabupaten Gorontalo untuk menumbuhkan perilaku anti korupsi dengan memulai dari diri sendiri untuk menghindari perbuatan yang mengarah pada korupsi.

hakim tinggi bgi msker

Bertepatan dengan Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020 yang mengusung tema “ Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi” Pengadilan Agama Limboto ikut serta ikut serta melaksanakan kegiatan Public Campaing berupa cap tangan sebagai bentuk komitmen anti korupsi dan anti grativikasi sesuai surat edaran Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor 30 Tahun 2020 tentang Himbauan Penyelenggaraan Kegiatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkordia) Tahun 2020.

ketua pgang mega

Pada kegiatan tersebut turut hadir perwakilan Badan Pengawas (Bawas) dari Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo, serta jajaran karyawan karyawati Pengadilan Agama Limboto. Kegiatan Masyarakat tersebut dilaksanakan di bawah menara keagungan Limboto, dengan membagi-bagikan masker dan stiker bertuliskan anti korupsi. Antusias masyarakat sangat merespon positif terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Limboto, menurut pengakuan salah satu abang bentor mengatakan kegiatan ini bagus dan membantu, apalagi banyak masyarakat seperti kita yang buta akan hukum dan belum banyak yang tidak sadar akan anti korupsi.

bentor 1

bentor 2

Demi memaksimalkan komitmen anti korupsi, Pengadilan Agama Limboto melakukan kampanye terbuka (kampanye publik) secara intensif, baik secara interen maupun eksteren kepada masyarakat umum berupa himbauan-himbauan dalam bentuk spanduk, poster, spanduk yang ditempatkan di tempat-tempat yang mudah diakses oleh masyarakat di lingkungan kantor maupun secara elektronik melalui media sosial dan situs resmi Pengadilan Agama Limboto. Selain itu, Pengadilan Agama Limboto membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk ikut serta melaporkan jika menemukan adanya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh Pegawai Pengadilan Agama Limboto melalui bagian Meja Pengaduan dan aplikasi SIWAS yang dapat diakses oleh masyarakat situs resmi Pengadilan Agama Limboto di alamatwww.pa-limboto.go.id .

bawas 1 topi

bawas 2 topi

 

foto bersama

CHANEL PA-LIMBOTO