Seputar Peradilan

Keberhasilan Mediasi di Pengadilan Agama Limboto diawal Tahun 2021

mediasi 2

Jumat, 26 Februari 2021, bertempat di kantor Camat Boliyohuto Wakil Ketua Pengadilan Agama Limboto bersama rombongan melakukan Sidang diluar Gedung Pengadilan. Ada 6 Perkara yang disidangkan kali ini yang pihaknya terdiri dari masyarakat Kecamatan Boliyohuto dan Kecamatan lain yang ada disekitarnya. Pada sidang pertama di luar gedung ini terdapat 5 perkara Putus, 1 Perkara ditunda dan 1 perkara lagi dihadiri oleh kedua pihak yang berperkara dan setelah proses sidang selesai, mereka diwajibkan oleh Majelis Hakim yang memeriksa perkara tersebut untuk mengikuti proses mediasi.

mediasi 3

Mediasi merupakan cara penyelesaian perkara sengketa melalui proses perundingan agarpara pihak dapat mencapai kesepakatan dan tetap terjaganya hubungan baik antara pihak yang berperkara. Wakil Ketua Pengadilan Agama Limboto Rukijah Madjid, S.Ag., MH selaku hakim yang mendapat tugas untuk menjadi mediator dalam sidang diluar gedung kali ini langsung mengadakan proses mediasi bersama para pihak Penggugat atau Tergugat dengan Nomor Perkara 149 / Pdt.G / 2021 / PA .Lbt.

Mediator telah mengupayakan perdamaian semaksimal mungkin dengan cara memberikan nasehat, mendorong para pihak yang berperkara untuk mencari kepentingan bersama sehingga menghasilkan penyelesaian yang terbaik bagi Penggugat maupun Tergugat untuk menjaga keutuhuan rumah tangga.

mediasi 1

Atas nasehat dari hakim mediator tersebut, membuat Penggugat dan Tergugat tersentuh dan akan kembali berdamai dan Penggugat mencabut perkaranya. diawal tahun 2021 ini tercatat sudah 4 perkara yang berhasil mediasi.

- 16 / Pdt.G / 2021 / PA.Lbt (Hakim Mediator: Sri Winaty Laiya, S.Ag., MH)         

- 126 / Pdt.G / 2021 / PA.Lbt (Hakim Mediator: Ahmad Zaki Yamani, SH)         

- 141 / Pdt.G / 2021 / PA.Lbt (Hakim Mediator: Olis Tuna, SHI)         

- 149 / Pdt.G / 2021 / PA.Lbt (Hakim Mediator: Rukijah Madjid, S.Ag., MH)         

CHANEL PA-LIMBOTO