Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Limboto Melakukan Monitoring dan Verifikasi Isbat Nikah Terpadu Tahun 2021 di Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo

WhatsApp Image 2021 04 02 at 16.45.25

              Kamis, 01/04/2021, Bertempat di Kantor Urusan Agama Kecamaatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo, Pengadilan Agama Limboto melakukan Monitoring dan Verifikasi Isbat Nikah Terpadu. Pelaksanaan Isbat Nikah Terpadu merupakan amanat Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006, Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008, Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Tata Cara Pelayanan dan Pemeriksaan Perkara Voluntair Isbat Nikah dalam Pelayanan Terpadu. Pada acara pembukaan Monitoring dan Verifikasi Isbat Nikah Terpadu di KUA Bongomeme di buka langsung oleh Kepala KUA Bongomeme dan mendengarkan sambutan Panitera Pengadilan Agama Limboto Drs. Siswanto Supandi, S.H.,M.H.

WhatsApp Image 2021 04 02 at 15.39.04

                Isbat Nikah adalah pengesahan nikah seorang laki-laki dan perempuan muslim yang pernikahannya telah dilaksanakan dan memenuhi syarat rukun perkawinan namun tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA). Sedangkan penyebutan Isbat Nikah Terpadu karena melibatkan 3 (Tiga) Lembaga yakni Mahkamah Agung, Depdagri, dan Kemenag yang pada pelaksanaanya melibatkan Pemda Kabupaten Gorontalo (DISDUKCAPIL), Pengadilan Agama Limboto, dan Kemenag Kabupaten Gorontalo. Dan untuk para pihak yang mendaftarkan diri untuk mengikuti Isbat Nikah Terpadu tidak di bebani biaya alias Cuma-Cuma (PRODEO) pada Pengadilan Agama Limboto.

WhatsApp Image 2021 04 02 at 15.39.03

                Banyak masyarakat Kabupaten Gorontalo yang pernikahannya tidak tercatat, yang disebabkan faktor ekonomi, ketidaktahuan masyarakat, serta letak geografis yang tidak memungkinkan. Urgennya Akta Nikah/ Buku Nikah maupun Akta Kelahiran dengan rentetan akibat hukumnya seperti pengurusan waris, kewarganageraan, status anak dan lain sebagainya sementara setiap warga negara RI berhak mendapatkan pengakuan dan kepastian Hukum, sehingga untuk menyelesaikan permasalaha tersebut Mahkamah Agung RI telah menerbitkan PERMA Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agama (PA) / Mahkmah Syari’ah dalam rangka penerbitan Akta Perkawinan, buku nikah dan akta kelahiran.

WhatsApp Image 2021 04 02 at 15.51.13

                Pada pelaksanaan Verifikasi Isbat Nikah Terpadu di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo terdapat kurang lebih 24 pasang, dan hanya 16 pasang yang lolos verifikasi, disebabkan karena syarat administrasi dan ketentuan-ketentuan syarat Isbat Nikah tidak terpenuhi. Selain itu ada yang tidak datang ketika verifikasi. Rencananya sidang Isbat Nikah Terpadu akan dilaksanakan pada tanggal 22 April 2021 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo.

CHANEL PA-LIMBOTO