Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Seputar Peradilan

Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia Melakukan Kunjungan Pengawasan di Pengadilan Agama Limboto

Limboto (16/05) - Pada tanggal 6 hingga 8 Mei 2024, Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia melakukan kunjungan pengawasan reguler di Pengadilan Agama Limboto. Kunjungan ini dilakukan berdasarkan Surat Tugas Nomor: 255/BP/ST.PW1.1.1/IV/2024, tim pengawas yang terdiri dari Sugiyanto sebagai Kepala Badan Pengawasan, H. Mustamar sebagai Inspektur Wilayah III, H.M. Turchan Badri sebagai Hakim Tinggi Pengawasan, Akhmad Budiawan dan Afit Rufiadi sebagai Hakim Yustisial, dan Novan Pujimahaputra sebagai Analis Pengelola Keuangan APBN Ahli Pratama disambut hangat oleh Ketua Pengadilan Agama YM. Bpk. Ibrahim Ahmad Harun, S.Ag., M.E.

Kunjungan pengawasan ini bertujuan untuk memastikan bahwa Pengadilan Agama Limboto menjalankan tugas dan fungsi secara efektif dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung akan melakukan evaluasi terhadap Manajeman Peradilan, Pelayanan Publik, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan serta kinerja dan integritas para hakim dan pegawai di Pengadilan Agama Limboto.

  

Dalam kunjungan ini, Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung melakukan observasi, wawancara, dan pemeriksaan terhadap dokumen-dokumen yang relevan. Hasil dari kunjungan ini akan digunakan sebagai bahan evaluasi dan rekomendasi untuk perbaikan di Pengadilan Agama Limboto. Dengan melakukan pengawasan yang ketat, diharapkan pengadilan dapat memberikan pelayanan yang adil, transparan dan berkualitas kepada masyarakat.

  

Pada tanggal 8 Mei, Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia (BAWAS MA-RI) melakukan ekspos di Aula Pengadilan Agama Limboto. Ekspos ini merupakan bagian akhir dari kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh BAWAS MA-RI untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas lembaga peradilan.

  

Dalam ekspos tersebut, Ketua Tim Bpk. H.M. Turchan Badri menyampaikan hasil pengawasan dan evaluasi yang dilakukan terhadap Pengadilan Agama Limboto, harapan beliau tim Bawas dapat memberikan masukan yang konstruktif untuk peningkatan kualitas pelayanan dan penegakan hukum serta seluruh aparatur dapat berkomitmen menjaga integritas di Pengadilan Agama Limboto. Ekspos ini dihadiri oleh para hakim, pegawai dan pihak terkait di Pengadilan Agama Limboto. BAWAS MA-RI menjelaskan temuan-temuan mereka serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan di pengadilan tersebut.