Seputar Peradilan

Perdana! Pengadilan Agama Limboto Melaksanakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu di Bulan Ramadhan

IN 1

IN 2

Bertempat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Bongomeme, Pengadilan Agama Limboto menggelar sidang itsbat terpadu yang bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam rangka Kepemilikan Status Hukum Perkawinan bagi masyarakat Kabupaten Gorontalo. Meskipun Bulan Ramadhan dan dalam keadaan puasa, Tim Sidang Nikah Terpadu tetap semangat dalam memberikan pelayanan prima kepada para pihak. Sebelum melaksanakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu dimulai, sambutan Pertama diawali oleh Kepala Kementerian Agama H. Hamka Arbie, M.HI. Beliau sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pengadilan Agama Limboto atas program yang sangat membantu masyarakat. “ini merupakan salah satu upaya kegiatan yang mendekatkan pemerintah dengan masyarakat  dalam melakukan pelayanan yg sangat cepat dan biaya murah kepada masyarakat” serta dalam sambutannya beliau juga menyampaikan “bahwa yang tidak kalah pentingnya dalam kegiatan ini adalah untuk memberikan kepastian hukum dan status yang jelas bagi pasangan suami isteri yang belum mempunyai buku nikah”. Imbuhnya dalam sambutan tersebut.

IN 3IN4

Usai sambutan dari Kepala Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo, tiba waktunya Ketua Pengadilan Agama Limboto Drs. Muhammad Ridwan, S.H.,M.H, menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Sidang Itsbat Nikah Terpadu. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Limboto menyampaikan  bahwa terima kasihnya kepada semua pihak yang membantu terwujudnya pelayanan terpadu ini. Dalam pelayanan terpadu ini, penetapan itsbat nikah langsung dikeluarkan sesaat setelah perkara diputus oleh Hakim. Selanjutnya penetapan tersebut diserahkan kepihak KUA untuk penerbitan buku nikah. Setelah itu, berdasarkan buku nikah, Dinas Dukcapil mengeluarkan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan akta kelahiran bagi anak-anak para pihak pengguna layanan terpadu.

IN 5

Setelah acara pembukaan dilaksanakan, dilanjutkan dengan prosesi sidang Itsbat Nikah Terpadu. Terdapat 16 perkara yang disidangkan oleh para hakim Pengadilan Agama Limboto. Pada pelaksanaan sidang Itsbat Nikah Terpadu tersebut berjalan dengan tertib dan lancar. Ketika Prosesi sidang berlangsung semua pihak wajib melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari Covid 19. Tak lupa Pengadilan Agama Limboto berterima kasih kepada Camat Bongomeme dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Bongomeme yang telah membantu mensukseskan Istbat Nikah Terpadu ini, dari Verifikasi sampai dengan Sidang hingga Putusan.

IN 6

CHANEL PA-LIMBOTO